• “Gaya Hidup Berkelanjutan : Gaya Hidup Kekinian untuk Lingkungan Hidup yang Lestari.”

      Untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni,Dharma Wanita Persatuan Pusat bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menyelenggarakan talkshow secara online, Kamis 3 Juni 2021 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan : Gaya Hidup Kekinian untuk Lingkungan Hidup yang......

  • “Gerakan Wakaf di Masa Pandemi.”

        Salah satu instrumen investasi aset finansial yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat adalah Sukuk Wakaf Ritel seri SWR002, dimana penerbitannya tersebut sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk membantu pengembangan investasi sosial dan pengembangan wakaf produktif Indonesia.   Untuk mendukung kegiatan Edusos SWR002,......

  • “Indahnya Silaturahmi dalam Keberagaman untuk Memperkuat Persatuan Bangsa”.

      Halal Bihalal merupakan ajang silaturaghmi yang memiliki makna mengundang masyarakat untuk berkumpul menjadi satu seusai menjalankan ibadah puasa Romadhon. Kegiatan halal bihalal pada umumnya diisi dengan bersalam-salaman dan bermaaf-maafan.   Untuk menjalin tali silaturahim, Dharma Wanita Persatuan Pusat, Jumat 28 Mei 2021 menyelenggarakan kegiatan......

  • “Sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.”

      Dalam rangka pelaksanaan Program Kerja tahun 2022, Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menyelenggarakan “Sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga,” Kamis (03/02/2022) secara online.   Pada acara ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ibu Yani Antam Novambar......

  • Anugerah Parahita Ekapraya

      Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Rabu 13 Oktober 2021 menyelenggarakan acara pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 secara virtual.   Acara diawali dengan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dalam......

“Gaya Hidup Berkelanjutan : Gaya Hidup Kekinian untuk Lingkungan Hidup yang Lestari.”

 

Untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni,Dharma Wanita Persatuan Pusat bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menyelenggarakan talkshow secara online, Kamis 3 Juni 2021 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan : Gaya Hidup Kekinian untuk Lingkungan Hidup yang Lestari.”

Sekaligus pemberian cindera mata dari Dharma Wanita Persatuan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang diserahkan oleh Ibu Erni Tjahjo Kumolo kepada Dr. Bambang Hendroyono.

 

 

“Untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan kita bisa memulainya dengan bersikap kritis terhadap setiap produk yang kita gunakan. Produk yang ramah lingkungan dan meminimalisir sampah. Salah satu yang sudah dilakukan Dharma Wanita Persatuan adalah suistanable tas yang menjadi menjadi teman berbelanja dan sudah tidak menggunakan tas plastik lagi,” disampaikan Ketua Umum Dharma Wanita persatuan, Ibu Erni Tjahjo Kumolo dalam sambutannya.

 

 

Selanjutnya Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Bambang Hendroyono pada acara ini mengharapkan peran perempuan dalam Dharma Wanita Persatuan dapat semakin nyata untuk mendukung pembangunan nasional di bidang lingkungan hidup dan kehutanan melalui perilaku dan budaya ramah lingkungan dalam kehidupan.

 

 

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A. mengatakan jika peran perempuan sebagai agen perubahan merupakan peran yang tidak bisa dibantah sehingga perempuan dapat merespon perubahan lingkungan terutama yang disebabkan oleh perubahan iklim. Disini menunjukkan bahwa peran perempuan relatif lebih baik dibandingkan dengan laki-laki.

 

 

“Setiap orang adalah penghasil sampah dan langkah yang benar untuk mengelola sampah adalah dengan melakukan daur ulang sampah menjadi bahan baku atau energi. Langkah praktis mendaur ulang di antaranya dengan komposkan sisa makanan dan sampah taman, setor sampah layak daur ulang di bank sampah, dan lakukan upcycling,” ungkap Dirjen PSLB3-KLHK, Ibu Rosa Vivien Ratnawati.

 

 

Para ahli yang hadir untuk berbagi ilmu, informasi, dan tips-tips bagaimana dan hal-hal apa saja untuk memulai gaya hidup berkelanjutan dengan menjaga bumi agar semakin bersih dan lestari adalah Ibu Ukke R Kosasih, Agni Pratista, Kleting Titis Wigati dan Ibu Mayang Mengurai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu untuk mengevaluasi gaya hidup kita dan melihat bagaimana sesuatu yang kita konsumsi bisa berdampak negatif terhadap lingkungan,langkah yang harus kita lakukan adalah dengan mencari barang-barang sekali pakai di rumah yang paling sering kita gunakan, lalu carilah substitusinya.
Gantilah barang dengan kegunaan yang sama namun dapat digunakan berulang kali.

 

Untuk menjaga bumi demi masa depan bersama dapat dilakukan diantaranya dengan menolak plastik sekali pakai, selalu membawa botol minuman sendiri dan pisahkan sampah organik dan non organik,.

 

“Kita harus percaya masa depan kita adalah hijau dan masa depan kita ada di tangan kita semua.”.

Bagikan ke :
Tidak ada komentar

Berikan komentar

Kolom komentar
Nama
Email
Website

× Chat via Whatsapp