• “Gaya Hidup Berkelanjutan : Gaya Hidup Kekinian untuk Lingkungan Hidup yang Lestari.”

      Untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni,Dharma Wanita Persatuan Pusat bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menyelenggarakan talkshow secara online, Kamis 3 Juni 2021 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan : Gaya Hidup Kekinian untuk Lingkungan Hidup yang......

  • “Gerakan Wakaf di Masa Pandemi.”

        Salah satu instrumen investasi aset finansial yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat adalah Sukuk Wakaf Ritel seri SWR002, dimana penerbitannya tersebut sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk membantu pengembangan investasi sosial dan pengembangan wakaf produktif Indonesia.   Untuk mendukung kegiatan Edusos SWR002,......

  • “Indahnya Silaturahmi dalam Keberagaman untuk Memperkuat Persatuan Bangsa”.

      Halal Bihalal merupakan ajang silaturaghmi yang memiliki makna mengundang masyarakat untuk berkumpul menjadi satu seusai menjalankan ibadah puasa Romadhon. Kegiatan halal bihalal pada umumnya diisi dengan bersalam-salaman dan bermaaf-maafan.   Untuk menjalin tali silaturahim, Dharma Wanita Persatuan Pusat, Jumat 28 Mei 2021 menyelenggarakan kegiatan......

  • “Sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.”

      Dalam rangka pelaksanaan Program Kerja tahun 2022, Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menyelenggarakan “Sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga,” Kamis (03/02/2022) secara online.   Pada acara ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ibu Yani Antam Novambar......

  • Anugerah Parahita Ekapraya

      Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Rabu 13 Oktober 2021 menyelenggarakan acara pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 secara virtual.   Acara diawali dengan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dalam......

Peran Wanita dalam Mensukseskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Dalam rangka memberikan pemahaman tentang vaksinasi Covid-19 bagi organisasi wanita, maka Dharma Wanita persatuan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan webinar secara virtual, Senin 1 Februari 2021dengan tema “Peran Wanita dalam Mensukseskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia.”

 

Acara dibuka dengan laporannya Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan, Ibu Dedet Oscar Primadi, yang menjelaskan bahwa acara webinar ini bertujuan agar setiap peserta dapat memahami tentang vaksinasi dan pencegahahan Covid-19 dengan baik selain itu juga agar dapat memahami kebijakan Kementerian Kesehatan dalam vaksinasi Covid-19, memahami jenis dan manfaat vaksin Covid-19 dan tentang betapa pentingnya pencegahan Covid-19.

 

 

Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan, Ibu Ida Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa peran ibu sangatlah penting agar dapat dijadikan contoh ataupun penyuluh didalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah untuk mengurangi penularan Covid-19 ini.

 

 

Pada acara webinar ini Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, Ibu Erni Tjahjo Kumolo menyatakan yakin dan percaya bahwa setelah webinar ini kita semua akan memahami pentingnya mendapatkan vaksinasi Covid-19 agar kita sekeluarga dan seluruh masyarakat semakin sehat dan akan terhindar dari virus Covid-19.

 

 

Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin CHFC,CLU berkesempatan hadir dan bertindak sebagai keynote Speech. Dikatakan bahwa untuk mengatasi pandemi ini strateginya hanya satu yaitu bagaimana kita bisa mengurangi laju penularan virus ini. Caranya dengan mendisiplinkan keluarga, tetangga dan masyarakat untuk selalu melakukan protokol kesehatan selain itu juga jika ada yang terkena maka harus cepat identifikasi, siapa yang pernah berhubungan dekat dengan yang bersangkutan dan segera lakukan isolasi.

 

 

Webinar ini dihadiri oleh tiga narasumber. Narasumber pertama dr. Siti Nadia tarmizi, MPH akan memaparkan “Vaksinasi Covid-19 sebagai Bagian Upaya Membangun ketahanan Keluarga.” Disampaikan bahwa keluarga sebagai bagian pengendalian pandemi Covid-19 yang dapat dilakukan adalah : jangan panik menghadapi musibah, jalankan arahan dan petunjuk dari pemerintah, membangun rasa aman dan nyaman serta terlindungi dari paparan virus dan penyakit serta yang tidak kalah penting menjaga diri agar selalu bersih.

 

 

Paparan kedua “Vaksin Covid-19, Jenis, Manfaat,” disampaikan Prof.Dr.dr. Iris Rengganis,SpPD (K.Ai). Dijelaskna bahwa manfaat dari vaksinasi Covid-19 ini adalah menurunkan angka penderita dan kematian, mendorong terbentuknya kekebalan tubuh, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan masyarakat secara menyeluruh dan menjaga produktivitas dan minimalkan dampak sosial/ekonomi.

 

 

Pemaparan terakhir tentang “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan 3 M++,” oleh Prof.dr. Tjandra Yoga Aditama Sp.P (K), MARS, DTM & H, DTCE. Mengapa Covid-19 positif setelah di vaksin karena beberapa hal, yaitu : antibodi belum terbentuk optimal, sudah terinfeksi sebelum vaksinasi dilakukan dan tidak ada vaksin yang efikasinya 100 %. Untuk itu diharapkan agar seluruh masyarakat menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

 

 

Acara ditutup dengan tanya jawab yang dipandu oleh Dr. Dirga Sakti Rambe, M,Sc.,Sp.PD.

 

Bagikan ke :
Tidak ada komentar

Berikan komentar

Kolom komentar
Nama
Email
Website

× Chat via Whatsapp