• Audiensi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diwakili oleh Deputi Bidang Pencegahan, Bapak Lilik Kurniawan beserta jajarannya menemui Ketua Umum DWP Ibu Ernie Tjahjo Kumolo, Sekjen DWP Ibu Endang F. Atmaji beserta beberapa pengurus DWP Pusat di Gedung DWP Pusat, Jakarta Selatan, Selasa (03/03/2020) dalam rangka penyampaian......

  • Audiensi Femina

    Perwakilan Femina Group, Ibu Svida Alijsahbana (CEO Femina Group), Ibu Sari Wardi, dan Ibu  Yosepti menemui Ketua Umum DWP Ibu Erni Tjahjo Kumolo beserta Ibu Endang F. Atmaji (Sekjen DWP), Ibu Ninuk Zudan AF (Ketua III DWPP) dan Ibu D. Sasanti Sidharta (Kepala Bagian Organisasi)......

  • Bakti Sosial DWP Peduli Bersama Lawan Covid-19

    Jakarta, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat telah menyelenggarakan bakti sosial bertemakan “DWP Peduli Bersama Lawan Covid-19” hari kamis, 23 April 2020 di kantor DWP Pusat, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat telah menyelenggarakan bakti sosial bertemakan “DWP Peduli Bersama Lawan Covid-19″ di Kantor DWP Pusat, Jakarta. “Kegiatan......

  • Cegah Stunting Untuk Generasi Berkualitas

    Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-92  dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-21,  Dharma Wanita Persatuan BKKBN  menyelenggarakan webinar dengan tema “Cegah Stunting Untuk Generasi Berkualitas”, Senin 28 Desember 2020.   Ketua  Dharma Wanita Persatuan BKKBN, dr. Dwikisworo Setyowireni, Sp.A (K) menjelaskan bahwa 1 dari 3......

  • DUKUNGAN PELAKSANAAN VAKSINASI NASIONAL

      Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebagai mitra strategis pemerintah mendukung program vaksinasi nasional sebagai salah satu ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah semaksimal mungkin terjadinya penularan wabah Covid-19 di tengah masyarakat.   Oleh karena itu Dharma Wanita Persatuan (“DWP”) menghimbau kepada unsur pelaksana......

Peran Wanita dalam Mensukseskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Dalam rangka memberikan pemahaman tentang vaksinasi Covid-19 bagi organisasi wanita, maka Dharma Wanita persatuan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan webinar secara virtual, Senin 1 Februari 2021dengan tema “Peran Wanita dalam Mensukseskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia.”

 

Acara dibuka dengan laporannya Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan, Ibu Dedet Oscar Primadi, yang menjelaskan bahwa acara webinar ini bertujuan agar setiap peserta dapat memahami tentang vaksinasi dan pencegahahan Covid-19 dengan baik selain itu juga agar dapat memahami kebijakan Kementerian Kesehatan dalam vaksinasi Covid-19, memahami jenis dan manfaat vaksin Covid-19 dan tentang betapa pentingnya pencegahan Covid-19.

 

 

Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan, Ibu Ida Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa peran ibu sangatlah penting agar dapat dijadikan contoh ataupun penyuluh didalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah untuk mengurangi penularan Covid-19 ini.

 

 

Pada acara webinar ini Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, Ibu Erni Tjahjo Kumolo menyatakan yakin dan percaya bahwa setelah webinar ini kita semua akan memahami pentingnya mendapatkan vaksinasi Covid-19 agar kita sekeluarga dan seluruh masyarakat semakin sehat dan akan terhindar dari virus Covid-19.

 

 

Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin CHFC,CLU berkesempatan hadir dan bertindak sebagai keynote Speech. Dikatakan bahwa untuk mengatasi pandemi ini strateginya hanya satu yaitu bagaimana kita bisa mengurangi laju penularan virus ini. Caranya dengan mendisiplinkan keluarga, tetangga dan masyarakat untuk selalu melakukan protokol kesehatan selain itu juga jika ada yang terkena maka harus cepat identifikasi, siapa yang pernah berhubungan dekat dengan yang bersangkutan dan segera lakukan isolasi.

 

 

Webinar ini dihadiri oleh tiga narasumber. Narasumber pertama dr. Siti Nadia tarmizi, MPH akan memaparkan “Vaksinasi Covid-19 sebagai Bagian Upaya Membangun ketahanan Keluarga.” Disampaikan bahwa keluarga sebagai bagian pengendalian pandemi Covid-19 yang dapat dilakukan adalah : jangan panik menghadapi musibah, jalankan arahan dan petunjuk dari pemerintah, membangun rasa aman dan nyaman serta terlindungi dari paparan virus dan penyakit serta yang tidak kalah penting menjaga diri agar selalu bersih.

 

 

Paparan kedua “Vaksin Covid-19, Jenis, Manfaat,” disampaikan Prof.Dr.dr. Iris Rengganis,SpPD (K.Ai). Dijelaskna bahwa manfaat dari vaksinasi Covid-19 ini adalah menurunkan angka penderita dan kematian, mendorong terbentuknya kekebalan tubuh, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan masyarakat secara menyeluruh dan menjaga produktivitas dan minimalkan dampak sosial/ekonomi.

 

 

Pemaparan terakhir tentang “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan 3 M++,” oleh Prof.dr. Tjandra Yoga Aditama Sp.P (K), MARS, DTM & H, DTCE. Mengapa Covid-19 positif setelah di vaksin karena beberapa hal, yaitu : antibodi belum terbentuk optimal, sudah terinfeksi sebelum vaksinasi dilakukan dan tidak ada vaksin yang efikasinya 100 %. Untuk itu diharapkan agar seluruh masyarakat menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

 

 

Acara ditutup dengan tanya jawab yang dipandu oleh Dr. Dirga Sakti Rambe, M,Sc.,Sp.PD.

 

Bagikan ke :
Tidak ada komentar

Berikan komentar

Kolom komentar
Nama
Email
Website

× Chat via Whatsapp